Ubah Ukuran File PDF di Linux

Sebelumya kita pernah membahas Cara Memperkecil Ukuran File PDF di Linux  versi coman line berdasarkan ghostscript, meski banyak bertebaran website kompress file PDF, kali ini kita akan menbahas cara Ubah Ukuran File PDF di Linux dengan cara offline, atau sebaian orang menyebutnya kompress PDF offline, bedanya kali ini kita menggunakan GUI, ni adalah ujung depan GUI untuk ghostscript, jadi bisa di bilang ini adalah versi mudah dari postingan sebelumnya tanpa harus copy paste baris perintah ke terminal.  


Paket ini disebut Densify. Karena ini adalah AppImages yang merupakan aplikasi mandiri yang dapat download & dijalankan dengan mudah di distribusi Linux apa pun, ya semudah menjalankan Aplikasi portable.

Download Densify Appimage.
Cara menggunakan dan menjalankan AppImage Linux
1. Klik kanan file.AppImage yang sudah didownload, kemudian pilih properties.
2. Pada tab Permission, centang Is executable dan Klik OK.
3. Double klik aplikasi untuk menjalankan aplikasi
 
Untuk melakukan kompress file
PDF : pilih file yg akan di kompress
Type :  ukuran kompressi sudah di urutkan dari high kompressi sampai low, Ebook menghasilakan ukuran kompressi terkecil dan dan default adalah yang menghasilkan ukuran file paling besar
Output : Tentukan nama file hasil kompress, jangan lupa untuk menambahkan extension .pdf pada akhir dari nama file, karen proses compress tidak akan berjalan jika akhir dari nama file tidak ber extensi.pdf. jika semua sudah di atur sesuai keinginan, langkah terakhir adalah klik Compress Now.
 
Selain  Densify ada satu lagi aplikasi yg funsinya sama yaitu PDF Compression
ini juga berbasis Appimage, Download PDF Compression
 

 


 
 
 
 
 
 
 
 
Mudah kan, OK selamat mencoba dan semoga bermanfat ya sobat ternate linux.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar